Cara Mudah Setting Keyboard Control Mobile Legends NOX Player di Laptop

Archi Materiali – Tidak dipungkiri bahwa saat ini sedang booming-boomingnya game Mobile Legends : Bang-Bang. Mulai dari anak-anak, remaja, dewasa, bahkan tua baik pria maupun wanita banyak yang memainkan game ini. Saya pun juga tidak terkecuali. Meskipun hanya sekadar penghilang stress dan suntuk. Bukan mengarah ke gamer profesional. Karena memang sistem permainannya online terkadang mengharuskan memakai smartphone yang spesifikasinya gede agar lancar dalam bermain.

Yang namanya cara bermain sebuah game, tentu satu orang berbeda-beda. Ada yang lebih memilih menggunakan PC atau laptop agar lebih nyaman. Ada juga yang lebih memilih menggunakan hape karena bisa dibawa kemana-mana dan bisa bermain kapanpun dan dimanapun. Sekali lagi itu kembali ke selera.

Kalau saya sih lebih memilih menggunakan komputer atau laptop. Bukan apa-apa sih. Itu semua lantaran hape saya yang bisa dikatakan jadul untuk memainkan game Mobile Legends ini. Itu sih alasan yang paling kuat. Selain agar tidak melulu keranjingan sama game juga. Ada sisi positifnya juga bukan? hahaha ngeles.

Karena game Mobile Legends : Bang-Bang dikhususkan untuk perangkat smartphone baik itu android maupun iOS. Mengharuskan saya untuk menggunakan emulator android di laptop. Apa itu emulator android? sebuah perangkat lunak yang seolah-olah menjadi smartphone virtual kita di laptop atau komputer. Untuk lebih jelasnya kalian bisa search sendiri di google, haha

Emulator yang saya pakai saat ini adalah Nox Player. Sebenarnya banyak sekali aplikasi emulator yang ada. Bluestack, Genymotion, dan sebagainya. Lha kenapa pilihannya Nox Player mas? Menurut saya emulator ini paling enteng dari yang lainnya. Bluestack agak berat menurut saya, sedangkan Genymotion sedikit ribet dalam pemasangannya. Kita harus download terlebih dahulu versi android yang akan kita gunakan.  Dan dari ukuran filenya pun lebih kecil kurang lebih 300MB.

Karena kita menggunakan keyboard fisik di komputer dan laptop. Tentu ketika memaikan game Mobile Legends harus mengatur terlebih dahulu keyboard controlnya. Kalau laptop kalian layar sentuh lebih enak dan tidak perlu setting-setting segala. Kalau kita tidak mengatur tombol-tombolnya susah hanya mengandalkan mouse harus klik satu-satu.

Lantas bagaimanakah setting keyboard control Mobile Legends ketika kita memainkannya di laptop atau komputer? Yuk kita ulas satu per satu.

Pertama, pastikan sobat Archi sudah memasang Nox Playernya. Downloadnya bisa langsung di laman resminya ya sob. Oh iya versi Nox Player yang saya gunakan v5.2.0.0

Tampilan awal dari NoxPlayer

Tampilan awal dari NoxPlayer

Kedua, buka Nox Player. Buka Playstore terlebih dahulu untuk mendownload game Mobile Legends. Seperti biasa kita diharuskan memasukkan akun gmail untuk masuk.

Klik Playstore untuk mendownload Mobile Legends : Bang-Bang

Klik Playstore untuk mendownload Mobile Legends : Bang-Bang

Ketiga, kalau sudah akan muncul ikon game Mobile Legends : Bang-Bang seperti gambar di bawah. Tinggal klik saja untuk memainkannya.

Tinggal klik Mobile Legends : Bang-Bang setelah selesai instal

Tinggal klik Mobile Legends : Bang-Bang setelah selesai instal

Keempat, ketika sudah masuk ke game Mobile Legends. Bisa langsung ke permainannya, bisa Classic, Ranked, Brawl , vs AI, atau Custom. Karena untuk menyetting keyboard controlnya harus masuk ke permainan. Pilih tombol keyboard. Bisa lihat yang sudah saya kotaki merah.

Pilih tombol keyboard di sisi kanan layar. Urutan nomor dua di tab pengturan NoxPlayer

Pilih tombol keyboard di sisi kanan layar. Urutan nomor dua di tab pengturan NoxPlayer

Kelima, akan muncul jendela pengaturan keyboard control untuk Mobile Legends sobat Archi. Untuk pengaturan analog pergerakan kanan kiri atas bawah seret atau drag seperti yang saya kotaki merah ke atas pengaturan tombol analog pergerakan. Secara otomatis akan terisi huruf A W S D.

Drag atau seret pengaturan tombol analognya

Drag atau seret pengaturan tombol analognya

Sedangkan untuk pengaturan tombol yang lain cukup klik kanan di atas tombol tersebut kemudian isi dengan tuts keyboard yang akan digunakan.

Atur sedemikian rupa sesuai dengan selera sobat Archi

Atur sedemikian rupa sesuai dengan selera sobat Archi

Keenam, jika semua control tombol sudah diatur sedemikian rupa. Pencet tombol ESC keyboard kalian, nanti akan muncul jendela penyimpanan pengaturan tersebut. Pilih Yes.

Pencet tombol esc di keyboard untuk menyimpan pengaturan keyboard

Pencet tombol esc di keyboard untuk menyimpan pengaturan keyboard

Tinggal main deh Mobile Legends : Bang-Bang di laptop atau komputer sobat Archi. Karena di sini saya memakai keyboard laptop jadi agak sedikit berbeda jika menggunakan keyboard komputer yang notabene lebih panjang dan lebar. Semua tergantung pengaturan sobat Archi sendiri-sendiri. Dan saya yakin jika sobat Archi seorang gamer pasti lebih paham akan hal ini.

Mungkin demikian pembahasan bagaimana cara setting keyboard control Mobile Legends : Bang-Bang Nox Player di laptop atau komputer. Semoga tulisan sederhana ini bisa bermanfaat untuks aya sendiri khususnya dan semua sobat Archi umumnya.

Oh iya, jika penjelasan saya di atas kurang dipahami. Sobat Archi bisa melihat tutorial cara setting keyboard control mobile legends Nox Player di laptop melalui video di bawah ini. Saya kutip dari channel Modo Gadget.

Semoga Bermanfaat! Dan selamat bermain.

author
Selalu ingin belajar akan hal-hal yang baru.
No Response

Leave a reply "Cara Mudah Setting Keyboard Control Mobile Legends NOX Player di Laptop"