4 Software Ampuh Buat Windows Bootable di Flashdisk

Archi Materiali – Selamat malam sobat Archi. Semoga selalu dirahmati Allah SWT. Kali ini yang akan kita bahas adalah 4 software yang bisa digunakan membuat windows bootable di flahdisk. Kalau sebelumnya saya membahas mengenai MacOs High Sierra, kali ini khusus membahas windows. Lha wong saya masih pake itu, hehehe.

Zaman sekarang sudah tidak asing yang namanya laptop atau netbook. Bahkan sudang menjadi barang wajib untuk pelajar dan kantoran. Dan pengguna OS Windows bajakan saya yakin masih terlalu besar porsinya – salah satunya saya juga – dibandingkan dengan pengguna OS Windows Original. Dan yang namanya instal ulang sudah barang tentu menjadi hal yang lumrah dan wajar bagi pemilik laptop.

Semakin banyak penetrasi jaringan internet juga menjadi salah satu faktor semakin banyaknya orang-orang yang bisa melakukan hal di atas (baca: instal ulang). Jika dulu sebelum flashdisk menyerang daratan. Kita familiar melihat orang melakukan instal ulang menggunakan CD ata DVD. Saya pun juga pernah mengalami masa-masa tersebut. Dan ketika CD atau DVD tersebut rusak bukan main jengkelnya kita.

Perkembangan laptop zaman now juga berubah. Yang dulunya perangkat DVD RW merupakan komponen wajib. Sekarang mulai ditinggalkan demi mendapatkan body laptop yang slim dan ringan. Selain itu metode penyimpanan di CD atau DVD sudah dianggap usang. Muncullah perangkat flashdisk, hdd eksternal sampai peyimpanan cloud.

Yang akan kita bahas adalah beberapa software kecil tapi ampuh untuk membantu kita ketika ingin membuat windows bootable di dalam flashdisk. Kenapa flashdisk? Kalo hardisk kegedean dan berat, hehehe. Selain bentuknya yang kecil bisa dikantongi dan dapat digunakan tanpa adanya kekhawatiran file korup layaknya CD atau DVD apabila tergores.

Lantas 4 software tersebut apa sajakah itu? Kita akan bahas satu per satu. Ya mungkin tidak secara menyeluruh tetapi setidaknya akan diambil garis besarnya. Yaitu Windows 7 USB DVD Download Tool, Rufus, WinSetup From USB dan WinUSB Maker.

1. Windows 7 USB DVD Download Tool

Software ini buatan asli Microsoft. Ukurannya juga tidak terlalu besar, hanya 2,6MB. Saya juga sering menggunakan software ini jika hendak membuat windows bootable di flashdisk. Selian itu juga tampilannya yang sederhana sehingga memudahkan untuk kita menjalankannya. Saya yakin bagi yang pertama kali mencobanya juga tidak akan menemui kesulitan yang berarti. Patut dan layak dicoba untuk belajar membuat flashdisk windows bootable. Selain itu juga jika laptop kalian ada DVD RWnya pakai software ini juga bisa sekalian membuat CD/DVD Bootable Windows.

Tampilan Awal Windows 7 USB/DVD Download Tool

Tampilan Awal Windows 7 USB/DVD Download Tool

Satu kekurangannya adalah tidak bisa membuat Windows XP Bootable di flashdisk. Untuk menggunakan software ini kita harus menginstal terlebih dahulu di laptop atau komputer kita. Belum ada versi portablenya. Mungkin juga dikarenakan para pengguna Windows XP yang sudah banyak beranjak migrasi ke Windows 7 atau 10. Di luar itu, softaware ini selalu menjadi andalan saya.

Tampilan Windows 7 USB/DVD Download Tool

Tampilan Windows 7 USB/DVD Download Tool

2. Rufus

Software kedua adalah Rufus. Sofware ini paling kecil di antara ketiganya. Hanya 945KB. Gila, bukan? Tetapi meskipun berukuran kecil jangan pernah meremehkan kinerja dan fitur yang diberikan. Untuk tampilan seperti gambar di bawah ini.

Tampilan Rufus 2.18

Tampilan Rufus 2.18

Oh iya lupa, rufus ini memiliki 2 versi. Versi instalasi dan versi portable. Saya lebih sering menggunakan yang versi kedua, yaitu portable. Karena tidak perlu instal terlebih dahulu. Salah satu kelemahannya adalah sama seperti software yang pertama, tidak support untuk membuat bootable windows XP. Tetapi untuk windows di atas sangat bisa diandalkan untuk digunakan.

3. WinSetup From USB

Software ketiga kali ini bisa dikatakan software paling besar di antara semuanya. Ukurannya sampai 24MB. Meskipun besar yang saya suka dari software ini adalah tidak perlu instal terlebih dahulu. Bisa langsung dipakai. Menurut saya ini yang paling lengkap. Support semua jenis windows (mulai dari XP sampai Windows 10) bahkan juga supoort Distro Linux. Hebat euy…

Tampilan WinSetup From USB 1.8

Tampilan WinSetup From USB 1.8

Saya juga sering menggunakan software ini jika harus instalasi windows XP. Tetapi sayangnya adalah untuk Windows XP tidak support jenis file ISO. Harus kita ekstrak terlebih dahulu file ISO Windows XP-nya. Untuk windows lainnya support file dalam bentuk ISO. Meskipun begitu software ini alternatif jika memang ketika instalasi Windows XP tidak bisa menggunakan CD/DVD.

4. WinUSB Maker

Software terakhir ini jujur baru saya ketahui beberapa hari belakangan ini. Pembuatnya adalah Josh Cell Softwares. Jika kalian sering main-main di forum MyDigitalLife.net saya yakin tidak asing dengan developer tersebut. Saya memang belum menggunakan software tersebut. Tetapi ketika melihat dan mengutak-atiknya, software ini patut dicoba. Dan support Windows XP dalam bentuk ISO (puja kerang ajaib, hahaha)

Tampilan Muka WinUSB Maker 1.8

Tampilan Muka WinUSB Maker 1.8

Sebenarnya Josh Cell Softwares juga membuat file serupa yaitu Zotac WinUSB Maker. Tampilannya lebih minimalis. Tinggal drag dan drop file ISO yang akan kita buat ke flashdisk. Untuk selebihnya mungkin sobat Archi bisa mencobanya sendiri, hehehe. Oh iya, menurut beberapa informasi yang saya baca software ini yang paling cepat dalam membuat windows bootable di flashdisk daripada software lainnya. Silakan dicoba sendiri ya!

Tampilan Muka Zotac WinUSB Maker

Tampilan Muka Zotac WinUSB Maker

Lantas manakah yang lebih unggul? Setiap software memiliki keunggulan dan kekurangannya. Kembali ke selera masing-masing. Manakah yang kita perlukan. Pada intinya para developer menciptakan software-software untuk saling melengkapi kesulita dalam dunia teknologi. Ingat, saling melengkapi satu sama lain.

Berikut ini beberapa perbandingan dari keempat software di atas.

Nama Software Windows 10/8/7 Windows XP Linux Jenis Software
Windows 7 USB DVD Tool Bisa Tidak Tidak Instal
Rufus Bisa Tidak Bisa Instal dan Portable
WinSetup From USB Bisa Bisa Bisa Portable
WinUSB Maker / Zotac Bisa Bisa Tidak Portable

Untuk pilihan sekali lagi kembali ke selera sobat Archi masing-masing. Mana yang sekiranya lebih mudah digunakan. Ya dipakai. Jika salah satu software tidak bisa atau support ya pakai yang ada.

Sebenarnya apakah ada software selain keempat di atas? Jawabannya adalah banyak sekali. Banyak sekali pilihan yang bisa sobat Archi pakai selain pilihan di atas tadi. Saya hanya memberikan pengalaman selama ini menggunakan keempat software di atas.

Mungkin sekian dulu dari saya, terima kasih sudah mau mampir dan membahas bahasan tentang 4 software ampuh untuk membuat windows bootale di flashdisk. Semoga bisa bermanfaat untuk kita semua. Aamiin.

Selamat Mencoba!!

Tags:
author
Selalu ingin belajar akan hal-hal yang baru.
No Response

Leave a reply "4 Software Ampuh Buat Windows Bootable di Flashdisk"